Minggu, 26 Januari 2014

10 TATA CARA MAKAN ORANG DI DUNIA

1.Korea Selatan
Di negara-negara asia dengan budaya ketimurannya, budaya menghormati yang lebih tuapun sangat tinggi. Begitupula saat makan, orang yang lebih tua harus dilayani pertama kali dan merekalah yang memulai waktu makan. Ucapkan salam sebelum makan 'jal moke het sum nisa' yang artinya akau akan makan dengan baik. Kemudian gunakan sendok untuk makan nasi dan makanan berkuah serta sumpit untuk makanan padat seperti lauk-pauk atau banchan. Dilarang mengacungkan sumpit atau menusuk makan dengan sumpit saat makan karena dianggap tidak sopan. Jangan menggunakan tangan telanjang untuk memilih makanan. Gunakan sumpit, untuk mengambil makanan yang dekat. Serta habiskan semua makanan yang ada dipiring agar sopan.


2.jepang
menghirup aroma sup dan memuji makanan tersebut adalah cara untuk menghormatinya. Dilarang menunjuk dengan sumpit karena dianggap tidak sopan. Dan biasanya orang Jepang jarang makan di atas meja makan melainkan lesehan. Bila makan secara lesehan biasanya mereka tidak duduk tapi berlutut diatas sebuah bantal.







3.Arab Saudi
Seiring dengan globalisasi dan modernisasi kebanyakan negara kini telah menggunakan tata cara makan yang modern diatas meja makan dengan menggunakan sendok dan garpu. Namun, tata cara makan tradisional di Arab Saudi ini tetap unik. Mereka biasanya akan makan secara lesehan diatas karpet dan disebuah meja yang panjang. Kemudian memakan nasi dan lauk dalam satu wadah
besar secara bersama-sama dengan menggunakan tangan. Orang Arab Saudi gemar makan sambil mengobrol utuk menjalin keakraban biarpun makanan telah habis mereka akan tetap mengobrol.



4.Amerika Serikat
Di Amerika Serikat jarang sekali makan dengan menggunakan tangan telanjang. Mereka selalu menggunakan peralatan makan yang lengkap. Saat makan jangan segera menambahkan merica atau garam sebelum mencicipi atau memakan makanan tersebut karena dianggap tidak sopan serta tidak menghormati orang yang memasaknya. Selain itu bila seseorang meminta garam atau merica
langsung berikan dua-duanya untuk alasan kesopanan. Dan dilarang mengoper makanan dari tangan ke tangan secara langsung. Lebih baik letakkan diatas meja dekat dengan posisi orang yang meminta makanan tersebut untuk menjaga kesopanan.
Sama seperti kebanyakan negara Asia dengan budaya timur yang tinggi, di Jepang juga selalu mendahalukan orang tua saat makan. Peralatan makan yang wajib bagi mereka adalah sumpit. Memakan nasi atau mengambil lauk sekecil apapun orang Jepang selalu menggunakan sumpit. menusukkan sumpit dan beradu sumpit dianggap tidak sopan. Selain itu bila sajian makanan berupa sup panas.


5.Perancis
Di perancis sebaiknya kita harus mengikuti gaya makan "table manner" yang benar untuk dianggap sopan dan berkelas. Mereka biasa menggunakan set peralatan lengkap dengan beragam jenis sendok, garpu dan juga pisau. Mereka akan mengikuti tata cara membagi 3 waktu makan, yang dimulai dari makanan pembuka, makanan utama dan makanan penutup. Jangan langsung melahap makanan, agar dianggap sopan makanan terlebih dahulu harus dipotong kecil- kecil. Dan jangan meletakkan tangan diatas paha saat makan. Dilarang untuk membicarakan uang patungan di atas meja saat makan di restoran. Karena hal tersebut dianggap tidak sopan.


6.Thailand
Di Thailand kepercayaan terhadap hal-hal mistis masih tinggi sehingga tata krama makan juga dikaitkan dengan kepercayaan terhadap roh halus. Saat makan secara lesehan jangan sampai telapak kaki terlihat, Selain itu saat duduk usahakan kepala lebih rendah dari gambar Budha dan Raja. Saat makan dilarang untuk mencicipi makanan menggunakan sendok besar karena mitosnya bila melakukan hal ini akan memiliki anak yang jelek nantinya. Orang Thailand melarang makan sambil bercanda karena nanti hantu akan mencuri nasinya. Mitos lainnya adalah jika makan sambil tiduran atau bersandar akan terlahir kembali sebagai ular di kehidupan mendatang.


7.Cina
Tata cara makan di Cina berasal dari zaman Dinasti Zhou pada abad ke 11. Dahulu tata cara makan di negara tersebut di tentukan oleh kedudukan sosial keluarga tersebut. Namun, sekarang tidak lagi. Tata krama makan di Cina hampir sama dengan negara Jepang. Waktu makan haus mendahulukan orang tua, makan dimulai saat orang yang paling tua mengatakan kata untuk mulai makan. Karena orang cina gemar menggunakan mangkuk saat makan, cara memegang mangkuk menjadi penting. Aturan memegang mangkuk adalah saat posisi tangan memegang sisi luar mangkuk, jempol harus berada di tepi mangkuk dekat dengan mulut. Orang Cina juga mempunyai kebiasaan bersulang saat, bersulang tidak
dilakukan bersamaan melainkan dimulai dari orang yang tertua kepada tamu terhormat dan memutar ke orang yang duduk disebelahnya hingga seterusnya.


8.Jerman
Saat makan di restoran atau rumah di negara Jerman jangan langsung duduk karena dianggap tidak sopan,tunggu sampai dipersilakan dan ditunjukkan tempat duduk. Jangan menumpuk atau meletakkan banyak makanan dalam piring. Orang jerman juga melarang menggunakan garpu dan pisau yang sama untuk memakan daging, keju, dengan ikan. Meletakkan siku saat makan diatas meja dianggap tidak sopan bagi orang jerman.


9.afganistan
Tata cara makan salah satu negara yang berada di Timur tengah ini juga terbilang sangat unik. Di afganistan tamu dianggap sebagai orang yang terhormat sehingga pada waktu makan tamu akan dipersilahkan makan terlebih dahulu dan harus makan banyak Serta tempat duduk tamu tidak dibiarkan dengan dengan pintu. Dan untuk menghormati makanan orang afganistan biasanya akan mengambil roti lau menciumnya dan meletakkannya ke dahi sebelum meletakannya ke piring. Menjatuhkan makanan dianggap sangat tidak sopan.



10.Mongoli
Orang Mongolia menerapkan kebiasaan bahwa satu makanan harus dicicipi dahulu oleh orang yang paling tua. Pada jamuan makan suku Mongolia dikenal istilah deej atau gigitan pertama. Deej ini akan diberikan untuk kepala keluarga. Pada saat jamuan makan, makanan diberikan menggunakan mangkuk dan harus diterima menggunakan tangan kanan. Dan saat menerima tutup makanan menggunakan tangan. Selain itu jika diberikan vodka, celupkan jari manis ke dalam gelas vodka serelah itu kibaskan ke udara dan lantai.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

keren

Unknown mengatakan...

keren

Unknown mengatakan...

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.
Saya HANDAYANI ingin berbagi kpd teman semua…tentang Angka Togel Yang Di Berikan Ki HAJAR DEWANTORO, Awalnya saya sedikit ragu tetapi saya sangat membutuhkan bantuan, dan saya coba hub ki HAJAR DEWANTORO
Alhamdulillah saya bisa di bantu oleh beliau, pertama beliau memberikan angka 4D kpd saya, dan angka itu saya pasang,, awalnya saya tidak percaya ketika teman saya memberikan kabar, kalau angka yg aku pasang benar-benar keluar, dan saya menang 97 juta, berkat bantuan ki HAJAR DEWANTORO.,
Saya ucapkan banyak terima kasih kepada ki HAJAR DEWANTORO yang telah meluangkan waktunya untuk saya, konsultasi dengan ki HAJAR DEWANTORO selama ini benar benar sangat luar biasa…. Selain hebat, ki HAJAR DEWANTORO juga punya keahlian banyak. seperti, minyak penarik uang Pesugihan,, Santet,, Penarikan dana ghaib,, Pelaris,, dan Pelet,,
Info: Buat Teman yang Pengen Merubah Nasib Silahkan..
Hub: Ki HAJAR DEWANTORO Di:082-188-463-467. ATAU KLIK BLOK PELET DISINI