Selasa, 21 Oktober 2014

8 Pertanyaan Jitu Untuk Mendapat Kandidat Terbaik Saat Interview

Apakah Anda memiliki pertanyaan favorit yang sering ditanyakan saat wawancara kerja? Jika iya, Anda tidak sendirian. Wawancara kerja menjadi sebuah sesi dimana Anda ingin mengetahui kemampuan, kecocokan dan potensi dari seorang kandidat dalam waktu yang singkat.
Berikut adalah 8 pertanyaan jitu yang akan membantu Anda menemukan kandidat terbaik. Semua pertanyaan dibawah ini akan menjelaskan secara lengkap pengalaman dari sang kandidat dan bagaimana mereka memecahkan masalah mereka saat menghadapi kesulitan.
1. Ceritakan pencapaian tertinggi Anda dikantor.
Tujuan: Pertanyaan ini akan menunjukan bagaimana peranan kandidat tersebut dikantor lama dan menjelaskan sebenarnya apa pencapaian menurut kandidat tersebut.
2. Gambarkan lingkungan kerja yang Anda suka.
Tujuan: Respon dari kandidat akan menunjukan apakah memang mereka cocok bekerja dikantor Anda atau tidak. Apakah mereka sesuai dengan cultural fit yang ada dikantor Anda?
3. Perlakuan dan interaksi seperti apa yang Anda harapkan dari atasan Anda?
Tujuan: Anda akan mengetahui seberapa mandirikah kandidat yang sedang Anda wawancarai.
4. Bagaimana cara Anda mengatasi masalah dan strategi apa yang Anda gunakan?
Tujuan: Anda akan mendapatkan gambaran dari performa kandidat tersebut dikantor lama. Anda juga bisa bertanya lebih detail untuk mengetahui problem solving style dari kandidat tersebut.
5. Apa yang membuat Anda tertarik melamar bekerja disini? Apa juga yang membuat Anda melamar posisi ini?
Tujuan: Dari pertanyaan ini Anda akan mengetahui motivasi sang kandidat melamar pekerjaan tersebut dan seberapa penting pekerjaan tersebut bagi sang kandidat. Anda juga akan melihat
6. Mengapa Anda ingin mengundurkan diri dari kantor Anda sekarang? (Jika kandidat Anda masih bekerja)
Tujuan: Melalui pertanyaan ini Anda akan mengetahui value (nilai), tujuan dan cara pandang dan apa yang sebenarnya mereka butuhkan dari perusahaan. Anda juga bisa menemukan jawaban apa alasan utama kandidat tersebut mencari pekerjaan baru.
7. Apa tiga kemampuan yang paling menonjol yang bermanfaat bagi perusahaan jika Anda diterima?
Tujuan: Anda akan mendapatkan jawaban bagaimana kandidat Anda mengenali diri mereka dan kemapuan yang mereka punya. Anda juga bisa tahu bagaimana cara kandidat memandang posisi pekerjaan yang mereka lamar.
8. Apa tiga hal yang Anda lakukan jika Anda diterima?
Tujuan: Anda akan mendapatkan pemahaman tentang sejauh mana mereka mengetahui dan memahami posisi pekerjaan yang mereka lamar.

Tidak ada komentar: